Mengenal Penyakit Dan Gangguan Pada Katup Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Penyakit Dan Gangguan Pada Katup Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Penyakit Katup Jantung?

Penyakit katup jantung terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagaimana Cara Kerja Katup Jantung?

Katup jantung Anda terletak di pintu keluar masing-masing dari empat kamar jantung Anda dan mempertahankan aliran darah satu arah melalui jantung Anda. Keempat katup jantung memastikan bahwa darah selalu mengalir dengan bebas ke arah depan dan tidak ada kebocoran ke belakang. Darah mengalir dari atrium kanan dan kiri ke ventrikel Anda melalui katup trikuspid dan mitral terbuka. Ketika ventrikel penuh, katup trikuspid dan mitral menutup. Ini mencegah darah mengalir mundur ke atrium sementara ventrikel berkontraksi. Ketika ventrikel mulai berkontraksi, katup pulmonik dan aorta dipaksa terbuka dan darah dipompa keluar dari ventrikel. Darah dari ventrikel kanan melewati katup pulmonal terbuka ke arteri pulmonalis, dan darah dari ventrikel kiri melewati katup aorta terbuka ke aorta dan seluruh tubuh.

Ketika ventrikel selesai berkontraksi dan mulai rileks, katup aorta dan pulmonal menutup. Katup ini mencegah darah mengalir kembali ke ventrikel. Pola ini berulang-ulang setiap kali detak jantung, menyebabkan darah mengalir terus menerus ke jantung, paru-paru, dan tubuh.

Apa Jenis-Jenis Penyakit Katup Jantung?

Ada beberapa jenis penyakit katup jantung:

Stenosis valvular. Ini terjadi ketika katup jantung tidak sepenuhnya terbuka karena selebaran kaku atau menyatu. Lubang yang menyempit dapat membuat jantung bekerja sangat keras untuk memompa darah melaluinya. Ini dapat menyebabkan gagal jantung dan gejala lainnya (lihat di bawah). Keempat katup dapat mengembangkan stenosis; kondisi ini disebut stenosis trikuspid, stenosis pulmonik, stenosis mitral, atau stenosis aorta.

Insufisiensi valvular. Disebut juga regurgitasi, ketidakmampuan, atau “katup bocor,” ini terjadi ketika katup tidak menutup rapat. Jika katup tidak tertutup, sebagian darah akan bocor ke belakang melewati katup. Ketika kebocoran semakin memburuk, jantung harus bekerja lebih keras untuk menebus katup yang bocor, dan lebih sedikit darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Tergantung pada katup mana yang terkena, kondisinya disebut regurgitasi trikuspid, regurgitasi paru, regurgitasi mitral, atau regurgitasi aorta.

Tanda dan Gejala Utama

Tanda utama penyakit katup jantung adalah bunyi detak jantung yang tidak biasa yang disebut murmur jantung. Dokter Anda dapat mendengar murmur jantung dengan stetoskop. Namun, banyak orang mengalami murmur jantung tanpa penyakit katup jantung atau masalah jantung lainnya. Orang lain mungkin mengalami murmur jantung karena penyakit katup jantung, tetapi tidak memiliki tanda atau gejala lain. Penyakit katup jantung sering memburuk dari waktu ke waktu, sehingga tanda dan gejala dapat terjadi bertahun-tahun setelah murmur jantung pertama kali didengar. Banyak orang yang menderita penyakit katup jantung tidak memiliki gejala apa pun sampai mereka berusia setengah baya atau lebih tua.

Tanda dan gejala umum lainnya dari penyakit katup jantung berhubungan dengan gagal jantung, yang dapat disebabkan oleh penyakit katup jantung. Tanda dan gejala ini termasuk:

  • Kelelahan yang tidak biasa (kelelahan)
  • Napas tersengal-sengal, terutama saat Anda memaksakan diri atau saat Anda berbaring
  • Pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, kaki, perut, dan pembuluh darah di leher

Tanda dan Gejala Lainnya

Penyakit katup jantung dapat menyebabkan nyeri dada yang mungkin terjadi hanya ketika Anda memaksakan diri. Anda juga mungkin melihat detak jantung yang berdebar, berdetak kencang, atau jantung tidak beraturan. Beberapa jenis penyakit katup jantung, seperti stenosis katup aorta atau mitral, dapat menyebabkan pusing atau pingsan.

Sumber :

https://www.nhlbi.nih.gov

https://www.webmd.com

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan