Kesan Pertama Melihat Undangan itu Penting,  Ini Contoh Bingkai Undangan yang Bisa Digunakan

Kesan Pertama Melihat Undangan itu Penting,  Ini Contoh Bingkai Undangan yang Bisa Digunakan

Menghargai orang yang diharapkan datang ke pernikahan Anda dapat dimulai dengan memberikan undangan yang meninggalkan kesan. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mendesainnya sebaik mungkin. Anda bisa mendapatkan ide dari contoh bingkai undangan yang sudah dibuat. Desain tersebut bisa dijadikan patokan saja atau pun diedit ulang agar disesuaikan dengan selera masing-masing.

Beberapa Tema yang Bisa Diterapkan untuk Undangan Pernikahan

  1. Tema Floral

Walaupun sudah biasa digunakan, namun pesona bunga tidak tergerus waktu. Selain indah, bunga juga menyimbolkan makna tertentu atau yang biasa disebut sebagai ‘bahasa bunga’. Pilihlah bunga yang menyimbolkan ungkapan cinta, antara lain mawar merah, tulip, seruni atau krisan, daisy, gardenia, iris, lili, anggrek, dan lilac. Bisa menggunakan satu jenis saja atau saling dikombinasikan.

  1. Tema Vintage

Pencinta tema jadul tentu saja akan suka menerapkan gaya vintage. Tema vintage ini cenderung menonjolkan warna-warna lembut sehingga membuat undangan terkesan adem dilihat. Selain itu, bingkai dapat menggunakan garis-garis lurus biasa yang dikombinasikan dengan bunga-bunga. Bisa juga menambahkan bentuk lain seperti segitiga atau belah ketupat di bagian tengahnya.

  1. Tema Luxury

Penerapan tema ini akan membuat undangan pernikahan terlihat mewah. Anda bisa memunculkan kesan tersebut dengan memainkan kombinasi warna. Emas adalah warna yang paling umum dikenal sebagai simbol kemewahan sehingga bisa Anda gunakan, dan dikombinasikan dengan warna hitam. Selain emas, pilihan warna lain adalah kuning, merah, ungu, merah hati, dan magenta.

  1. Tema Abstrak

Desain undangan yang mengusung tema abstrak juga menarik karena bentuk yang digambarkan dengan tidak realistik membuat orang yang melihatnya akan penasaran akan detailnya. Penggambaran secara abstrak ini bisa digunakan sebagai background undangan, dan dipadukan dengan garis-garis sebagai bingkainya. Persegi, lingkaran, atau benuk dasar lain bisa dikombinasikan asal warna garisnya senada dengan background.

  1. Tema Elegan

Undangan yang terlihat elegan biasanya menonjolkan aspek sederhana namun tetap menarik untuk dilihat. Dengan begitu, desainnya pun tidak terlalu rumit dan tidak banyak ornamen yang ditambahkan. Bingkai undangan dapat berupa garis-garis yang dikreasikan di tiap sudut, atau bisa dikombinasikan dengan rangkaian bunga yang pendek. Warna yang digunakan pun cenderung soft.

  1. Tema Retro

Dibanding dengan vintage, gaya retro cenderung menonjolkan warna-warna terang dan bold sehingga membuat desain undangan terlihat ceria, dan penuh energi. Warna yang bisa digunakan antara lain kuning gading, mint, krem, coklat mudan, fuschia, dan merah. Bingkai bisa menggunakan elemen garis yang digambar tegak lurus ala retro atau bentuk geometris yang polanya sama.

  1. Tema B & W

Nuansa hitam dan putih sebenarnya tidak selalu terkesan suram justru apabila dikombinasikan dengan bentuk lain akan terlihat sisi elegan dan mewahnya. Anda bisa menggunakan putih sebagai warna dasar undangan, dan hitam sebagai warna bingkai dan ornamen tambahan. Apabila hitam sebagai warna dasar, sebaiknya gunakan silver sebagai warna font agar lebih menyala disandingkan dengan bingkai putih.

  1. Tema Campuran

Salah satu tema yang cocok dijadikan kombinasi dengan apapun adalah floral. Bahkan, pada tema B & W, bunga yang didesain berwarna putih/hitam/silver pun tetap terlihat menarik. Sedangkan untuk tema yang tidak terlalu rumit, bunga dapat mempercantik tiap sudut bingkai. Dikombinasikan dengan bentuk geometris lain pun tetap cocok.

Permainan warna dan pola merupakan hal yang penting ketika mendesain undangan menggunakan tema apapun. Apabila mengusung tema vintage, maka jangan menggunakan warna berani dan terang yang lebih cocok untuk tema retro. Selain itu, jangan menggunakan berbagai macam pola untuk tema elegan, sebaiknya gunakan untuk tema abstrak. Dengan begitu, setiap undangan akan berkesan bagi penerimanya.